Widget HTML #1

Keindahan Danau Paniai Tampak Mempesona dari sini!

Keindahan Danau Paniai dikenal dunia sebagai salah satu danau terindah di dunia. Anda bisa menikmati panorama alam yang masih terjaga dengan baik. 

Danau ini telah dinyatakan sebagai salah satu danau alami terindah di dunia. Hal ini diakui oleh perwakilan 157 negara pada Konferensi Danau Dunia yang diadakan di India pada tanggal 30 November 2007.

Keindahan Danau Paniai

Danau Paniai dan beberapa danau yang berdekatan seperti Danau Tigi dan Danau Tage sebelumnya dikenal sebagai Danau Wissel Meren. 

Nama ini diambil dari nama pilot yang pertama kali menerbangkan pesawatnya di atas perairan di dataran tinggi Papua, nama lengkap pilot Belanda tersebut adalah Frits Julius Wissel. Ia pertama kali terbang di atas pegunungan Papua pada tahun 1938 dan melihat sebuah danau yang indah karena keindahannya yang luar biasa. Wissel memutuskan untuk turun menikmati eksotisme danau ini. 

Pada masa Pemerintahan Belanda, tempat-tempat tersebut lebih dikenal dengan nama Danau Wissel daripada Danau Paniai, bahkan hingga saat ini banyak yang menyebut tempat tersebut sebagai Wissel Meren atau Wissel Meren. 

Luas Danau Paniai 1500 hektar, beberapa desa mengelilingi Danau Paniai, selain berpetani sebagian besar penduduk di sekitar danau memilih nelayan untuk mata pencarian. 

Keindahan Paniai telah memikat para wisatawan lokal maupun orang asing ke tempat ini, tetapi juga karena keanekaragaman sumber daya alamnya. 

Danau yang sering disebut sebagai Wissel Meren ini memiliki banyak sumber daya hayati yang berbeda. Danau ini menghasilkan berbagai jenis ikan dan udang. 

Memancing di sekitar danau biasanya dilakukan dengan cara tradisional untuk menjaga alam dan lingkungan. Biasanya hasil tangkapan ini tidak hanya untuk masak di rumahan, tapi juga untuk dijual. 


Nikmati Keindahan dari Berbagai Tempat 

Danau Wissel Meren terletak di dataran tinggi Papua atau secara administratif berada di Kabupaten Painai, sebuah kawasan pegunungan tinggi alami dengan pemandangan yang menarik. Keindahan Danau Wissel dan keindahan alam lainnya dapat terlihat dari berbagai perbukitan.

Di bawah ini adalah beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi ketika Anda datang ke Paniai.

1.Gunung Bobaigo 

merupakan salah satu gunung yang berada di ujung kota Enarotali, gunung ini tidak terlalu tinggi namun sebagai pengunjung anda harus bersiap-siap sebelum menuju tempat ini karena agak terjal. Biasanya, hampir setiap hari, masyarakat yang berada dekat tempat ini berkunjung untuk makan siang sambil bersenang-senang. Kaki bukit ini adalah Danau Paniai, jadi jika Anda mengunjunginya harus berhati-hatilah agar tidak tergelincir ke dalam danau. Saat berkunjung ke tempat ini, selain keindahan Danau Paniai, Anda juga bisa melihat pesawat yang mendarat dan lepas landas di Bandara Enarotal, tidak jauh dari Gunung Bobaigo. 

2.Dermaga Aikai 

Dermaga Aikai merupakan salah satu tempat berkumpulnya warga sekitar untuk melihat perahu-perahu yang mengangkut penumpang ke desa-desa. Sore hari biasanya dipenuhi anak muda yang berfoto dan melihat matahari terbenam. Tempat ini juga digunakan sebagai tempat duduk, banyak penduduk lokal atau orang luar yang terlihat memancing di sana. 

Keindahan Danau Paniai dari Yatougi

3.Perbukitan Yatoug

Tempat yang akhir-akhir ini banyak dikunjungi oleh penduduk lokal dan asing adalah Perbukitan Yatougi yang letaknya tidak terlalu jauh dari kota Ibokota atau Enarotali, sehingga pengunjung dapat dengan mudah mencapai tempat ini. Di bukit-bukit ini, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan alam Danau Paniai. Para pecinta sunset dan fotografer biasanya mengabadikan momen kunjungan mereka dengan berfoto sambil menunggu sunset. 


Transportasi dan Biaya Hidup

Geografis pegunungan yang sulit dijangkau membuat biaya hidup menjadi mahal, tidak seperti daerah perkotaan seperti Nabire dengan transportasi laut dan darat yang baik, jadi jika Anda ingin mengunjungi Danau Wissel, anggaran yang Anda bisa menghabiskan 5-10juta lebih tapi tergantung berapa lama Anda ingin tinggal di sana jadi bisa lebih atau kurang dari 5 juta. Kendaraan tidak terlalu ramai tapi bisa disewa untuk jalan-jalan. 


Pertimbangkan Hal-hal ini Sebelum Berangkat

Tentunya setiap daerah memiliki budaya dan kehidupan sosial yang berbeda-beda, sehingga ketika wisatawan datang untuk menikmati keindahan Danau Paniai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. 

1.Mengenal kehidupan sosial dan budaya 

Tentu Anda akan menemukan banyak hal yang berbeda, dari cara berbicara/berbahasa, makan, berpakaian, berkomunikasi atau kehidupan sosial yang tidak diketahui, sehingga sangat penting bagi para pengunjung untuk mengetahui hal-hal ini. Atau kalian bisa tanya mba google. melalui internet atau orang lain. orang yang Anda kenal dari tempat ini. 

2.Biaya hidup

Biaya hidup saat berkunjung juga merupakan masalah besar sehingga Anda tidak akan tersesat di sana karena tidak ada harga pulang pergi jadi pikirkan baik-baik tentang apa yang ingin Anda belanjakan untuk perjalanan Anda sebelum Anda berkunjung. 

3.Keadaan Iklim atau cuaca 

Wisatawan harus memeriksa iklim lokal sebelum mengunjungi Paniai, tentu saja sebagai daerah gunung adalah tempat yang dingin, jadi Anda harus mengenakan pakaian tebal atau sesuatu yang cocok untuk cuaca dingin. 

4.Transportasi 

Ketersediaan transportasi juga dapat menjadi kendala selama perjalanan, dalam hal ini teman-teman sebelum melakukan perjalanan harus mengetahui terlebih dahulu harga dan kendaraan yang dapat digunakan. 

5.Pastikan tempat nginap

Tempat tinggal sangat penting saat bepergian, tidak mungkinkan teman-teman tidur/tinggal di jalan. jadi sebelum berangkat ya teman-teman harus konfirmasi akomodasi dan pembayaran. 


Saat berkunjung sebagai Wisatawan pasti banyak hal yang dimiliki atau keunikan dan keindahan Danau Wissel lainnya yang tidak di jelaskan di atas dapat kalian temukan.