Widget HTML #1

Travel Keliling Danau Paniai Papua yang Mempesona


Travel keliling danau Paniai dapat menjadi kenangan indah tak terlupakan bagi kalian yang suka jalan-jalan atau traveling. Danau Paniai merupakan salah satu danau di Papua yang dinyatakan sebagai danau terindah di dunia pada tahun 2007 dan diakui oleh 157 negara pada konferensi danau dunia di India.

Memang danau ini terlihat unik karena berada di ketinggian 1700 meter diatas permukaan laut, danau ini biasa disebut juga dengan danau Wissel Meren sesuai dengan nama seorang pilot yang pertama kali menerbangkan pesawatnya diatas kumpulan air ini. Dialah yang mula-mula memberitahukan ke publik tentang adanya danau dan orang-orang di dataran tinggi Papua pada tahun 1938.

Kalian yang suka cari pengalaman baru travel keliling danau paniai dapat menjadi salah satu piilihan terbaik, danau ini tidak kalah mempesona dengan lainnya di Indonesia maupun Papua.

Kenangan Tak Terlupakan di danau Paniai

Tentu saja kalau kalian melakukan petualangan baru sekitar danau ini banyak sekali kenangan tak terlupakan di sekitar danau yang biasanya disebut juga dengan Wissel Meren, mulai dari keindahan danau yang mempesona, kekayaan alam, perbukitan yang menakjubkan serta perumahan warga.

1. Keindahan Danau

Tentu saja sebagai danau yang berada di pegunungan dengan tidak begitu padat penduduknya, keindahan danau Paniai masih dapat terlihat. Didukung dengan warga yang masih ada kesadaran untuk tidak membuang sampah ke air danau. Walaupun demikian Masyarakat sekitar danau ini yang lalunya menggunakan perahu dayun yang dibuat dengan tangan mereka sendiri kini telah beralih mengunakan transportasi bermesin atau spitboat untuk saling berkunjung ke kampung tetangga maupun dalam mencari ikan atau memancing tapi ingat bahwa masih banyak masyarakat yang tidak meninggalkan kebiasaan menggunakan perahu dayun sebagai alat transportasi.

2. Kekayaan Alam Melimpah

Tidak hanya kekayaan alam daratnya saja yang melimpah sebenarnya didanau paniai memiliki keragaman jenis ikan dan udang mulai dari ikan mujair, nila serta beragam udang salah satu hal menarik yang dilakukan masyarakat disini adalah masyarakat tidak menggunakan ala-alat yang tidak membahayakan habibat hidup ikan maupun alam lainnya untuk menangkap ikan.

Ketika teman-teman punya waktu untuk travel keliling danau Paniai kalian dapat menyaksikan sendiri bagaimana masyarakat disini memanfaatkan bahan-bahan yang masih alami untuk bernelayan. Untuk teman-teman ketahui bahwa warga disini jika mendapat hasil banyak dari memancing atau bernelayan biasanya mereka membagi dua, yang lainnya digunakan untuk masak dirumah dan sebagian lainnya disisikan untuk jual dipasar.

3. Perbukitan yang Menakjubkan

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa danau Paniai berada diatas ketinggian 1700 permukaan laut, sekeliling danau ini terlalu banyak pegunungan yang memperlihatkan betapa indahnya perbukitan, perkebunan, perumahan serta air danau yang dapat terlihat kebiru-biruannya dari atas pegunungan.

Ada beberapa tempat atau pegunungan yang biasanya dikunjungi warga agar dapat melihat luasnya daerah disekeliling danau Paniai, misalnya dibukit bobaigo. Bukit bobaigo tidak begitu jauh dari perkotaan maupun danau Paniai sakin dekatnya tempat ini biasanya menjadi langganan para warga saat weekend maupun hari-hari libur karena kaki gunungnya berada dekat danau biasanya para petualang datang kesini untuk memancing. Tempat yang lainnya adalah gunung yatougi tempat ini lumayan jauh namun kelelahan kalian akan terbayar dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dari ketinggian gunung ini karena tempat ini akan menunjukkan kepada kalian betapa mempesona keindahan alam disini.

4. Perumahan Warga yang sederhana

Travel ke danau Paniai tentu saja kalian akan melihat rumah-rumah warga yang sederhana dengan perkebunan di sekelilingnya. Pada umumnya masyarakat disini masih tinggal dengan rumah adat mereka yang di bangun persegi dengan membuat tungku api ditengah.

Bagimana keadaan iklim/cuacanya?

Cuaca disekitar danau Paniai dingin sebagaimana kalian ketahui danau ini berada dipegunungan Papua. Saat kalian mau travel ketempat ini jangan lupa membawa jecket yang agak tebal agak badan kalian tetap hangat. untuk kalian yang sudah terbiasa travel tentu saja telah mengetahui barang-barang apa saja yang harus dipersiapkan ketika berkunjung ke daerah dingin.

masyarakat disini mempunyai rumah adat dengan bentuk bangunan persegi dan tungku api ditengah untuk menghindari kedinginan supaya menjaga badan tetap hangat.

Apakah ada tempat penginapan/hotel?

Tempat tinggal adalah salah satu hal yang dapat menjadi pertimbangan utama setiap traveller, sekitar danau Paniai tentu saja ada beberapa penginapan atau hotel namun tidak begitu mewah seperti yang ada dikota-kota besar dengan harga yang cukup terjangkau. Namun jika kalian berpikir untuk tidak mau tinggal dipenginapan kalian harus punya teman dari daerah sekitar danau Wissel Meren ini agar dapat mengajak kalian jalan-jalan, kalau punya teman lebih enak bisa menghemat biaya dan percakapannya bisa lebih lancar serta lebih terbuka.

Bagimana dengan Transportasinya

Kalian yang mau travel keliling danau Paniai tentu saja disini tidak ada transportasi laut untuk langsung sampai kedaerah ini, kalau kalian mengunakan transportasi laut bisa lewat kabupaten tetangga yaitu Kabupten Nabire kemudian ke danau Paniai bisa ikut kendaraan darat atau mobil dengan jarak tempuh kurang lebih 5-6 jam, biasanya harga perorang kisaran Rp.400,000 jika ingin menyewa mobil harganya bisa mencapai 1jt lebih sehingga kalian dapat mempertimbangkannya. Selain itu kalian juga bisa menggunakan pesawat kecil dari Kabupaten Nabire maupun Timika.

Kendaraan darat dikabupaten setempat tidak begituu padat namun kalian dapat menjumpai jasa kendaraan mobil dan motor dengan harga yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan kalian.

Letak Danau Paniai

Secara administratif danau paniai berada di Kabupaten Paniai, Provinsi Papua. Danaunya tidak begitu jauh dari Ibukota Enarotali kurang lebih 5 menit berkendaraan sudah bisa sampai ke danau Paniai atau danau Wissel Meren.