Widget HTML #1

Taman Nasional Baluran, Destinasi Wisata Alam di Jawa Timur

Taman Nasional Baluran


Taman Nasional Baluran menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Provinsi Jawa Timur. beberapa wisatawan menyebut bahwa taman nasional di Situbondo ini sebagai “Afrika Van Java”.

Bukan tanpa alasan mengapa para wisatawan memberi julukan tersebut. Pasalnya, para wisatawan akan disuguhkan panorama alam mirip dengan taman nasional di Benua Afrika. Oleh karena itu, taman nasional ini kerap menjadi pilihan tempat wisata oleh para wisatawan.

Di kawasan wisata tersebut, Anda bisa melihat dengan jelas beberapa fauna yang dilepasliarkan. Anda bisa melihat sekumpulan rusa hingga gajah yang hidup secara bebas. Selain itu, di kawasan taman wisata juga terdapat beberapa tempat spot foto instagramable.

Maka tidak heran bila banyak wisatawan yang mengabadikan momen berlibur di beberapa spot-spot tertentu. Sebagai wisatawan, Anda harus mengetahui rute serta estimasi biaya yang dibutuhkan selama berlibur ke kawasan taman nasional yang berlokasi di Kabupaten Situbondo.


Ragam Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Taman Nasional Baluran

Berlibur merupakan salah satu cara ampuh untuk meredakan rasa stres. Salah satu rekomendasi tempat wisata terpopuler dan terbaik di Jawa Timur adalah berkunjung ke sebuah taman nasional yang diberi nama Baluran.

Nama taman nasional tersebut mengacu pada nama gunung di kawasan wiasta, yakni Gunung Baluran. Tercatat, ada banyak ragam aktivitas yang bisa Anda lakukan di lokasi Taman Nasional Baluran. Di antaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Melihat Ragam Fauna di Kawasan Taman Nasional

Melihat beberapa macam fauna atau hewan-hewan menjadi salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan di sekitar kawasan taman nasional. Tercatat, ada beberapa ragam fauna yang hidup di area taman nasional, salah satunya adalah rusa hingga banteng.

Agar dapat melihat sekawanan dengan jelas, maka Anda bisa naik ke menara pandang yang telah disediakan oleh pengelola wisata.

 

2. Berfoto di Area Taman Nasional

Lalu, aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan di kawasan taman wisata adalah berfoto bersama pasangan maupun keluarga. Ada beberapa spot fotografi yang disediakan oleh pengelola tempat wisata.

Tak perlu khawatir, Anda tidak dikenakan biaya tambahan apabila berfoto di beberapa spot yang telah disediakan oleh pengelola taman wisata.

 

3. Berkunjung ke Pantai Bama

Selain melihat pemandangan ala Benua Afria, Anda juga dapat berwisata ke area pantai. Pantai Bama ini masih dalam satu lokasi dengan Taman Nasional Baluran. Pantai Bama juga terkenal akan keindahan panorama alamnya.

Untuk mencapai ke lokasi Pantai Bama, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Anda harus menyusuri kawasan taman nasional sepanjang 8 kilometer untuk sampai ke kawasan Pantai Bama.


Serunya Berlibur ke Taman Nasional Baluran

Sebagai wisatawan, Anda tentu ingin melakukan berbagai aktivitas seru bersama keluarga maupun pasangan. Di Taman Nasional yang berlokasi di Situbondo ini tentu membantu Anda untuk mengurangi rasa stres hingga depresi.

Pasalnya, ada beragam keseruan yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke taman nasional ini. Keseruan yang pertama adalah mencoba bersnorkeling di kawasan Pantai Bama. Di Pantai Bama ini, para pengunjung dapat melihat keindahan biota laut serta terumbu karang alami.

Anda bisa menyewa peralatan snorkeling di sekitar kawasan Pantai Bama. Selain itu, Anda juga dapat memancing di sekitar Pantai Kajang. Pantai Kajang ini juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Baluran.

Akan tetapi, Anda wajib meminta izin kepada pengawas Pantai Bama sebelum memancing di lokasi Pantai Kajang. Dan kemudian, Anda juga bisa mencoba keseruan lainnya di lokasi taman nasional yang masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Situbondo ini.

Bagi Anda yang berencana menginap, maka pihak pengelola telah menyiapkan beberapa kamar penginapan. Anda bisa menyewa penginapan yang telah disediakan oleh pengelola dengan harga cukup terjangkau.


Rute Serta Perkiraan Biaya untuk Berlibur ke Taman Nasional Baluran

Lokasi dari taman nasional ini cukup mudah untuk ditemui. Sebab, letaknya berada di jalan raya utama Kabupaten Situbondo. Sehingga para wisatawan dapat dengan mudah untuk menuju ke lokasi wisata.

Dari pusat Kota Situbondo, maka silahkan mengambil rute ke Kabupaten Banyuwangi. Ikuti jalan provinsi sejauh 67 kilometer. Lokasi dari taman nasional ini berada di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Tak perlu khawatir, Anda bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Setelah sampai di lokasi wisata, maka segera parkirkan kendaraan di lokasi yang telah disediakan oleh pengelola.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, maka akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5.000 (motor), Rp. 10.000 (mobil), dan Rp. 50.000 (bus). Untuk Anda yang datang pada akhir pekan, maka biaya parkir juga mengalami kenaikan.

Untuk motor maka biaya parkir sebesar Rp. 7.500. Untuk mobil Rp. 15.000 dan bus sebesar Rp. 75.000. Perlu Anda ketahui bahwa untuk tarif masuk lokasi wisata Taman Nasional Baluran ini juga berbeda.

Bagi wisatawan domestik yang berlibur di hari kerja, maka biaya tiket yang ditetapkan oleh pengelola sebesar Rp. 15.000 per orang. Sedangkan, untuk wisatawan asing ini dikenakan biaya tiket 10 kali lebih mahal, yakni sekitar Rp. 150.000 per orang.

Bagi wisatawan domestik yang berlibur di akhir pekan, maka biaya tiket yang ditetapkan oleh pengelola sebesar Rp. 17.000 per orang. Sedangkan, harga tiket masuk kawasan dibanderol seharga Rp. 225.000 per orang.

Berwisata ke lokasi konservasi alam taman nasional ini cukup menarik. Salah satunya adalah taman nasional yang berlokasi di Kabupaten Situbondo. Taman nasional ini kerap dijuluki Africa Van Java. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas wisata di kawasan Taman Nasional Baluran, Situbondo.