Widget HTML #1

Memilih Paket Wisata Bali untuk Kunjungan ke Museum

Salah satu daya tarik saat memilih paket wisata Bali adalah kunjungan museum. Terutama jika wisata dilakukan bersama anak yang masih kecil dan ingin mengetahui lebih banyak hal.


Memilih Paket Wisata Bali untuk Kunjungan ke Museum

Museum sendiri adalah sebuah lembaga yang memiliki fungsi untuk melindungi, memanfaatkan koleksi, mengembangkan, dan mengomunikasikannya kepada masyarakat.

Di Bali sendiri terdapat cukup banyak museum dengan koleksi yang berbeda-beda. Cocok sekali untuk Anda yang suka melihat berbagai koleksi unik dan tidak bisa ditemukan di tempat lainnya.

Sayangnya, tidak semua museum mengizinkan anak kecil untuk masuk atau perlu peraturan ketat. Bisanya, museum tersebut memamerkan barang langka dan eksklusif yang rentan rusak.

Di antara banyaknya museum, kami akan memberikan rekomendasi yang ramah anak. Sehingga, and bisa membawa si kecil tanpa perlu khawatir dengan berbagai peraturan yang ketat.


Mengenal Jenis Museum yang Ditawarkan Paket Wisata Bali

Sebelum membahas lebih jauh mengenai rekomendasinya, kami ingin mengenalkan jenis-jenisnya terlebih dahulu kepada anda. Khususnya untuk museum yang ada di Bali.

Setiap jenisnya akan menunjukkan koleksi yang berbeda dengan karakteristiknya masing-masing. Secara umum, museum di Bali terdiri dari:

1. Museum arkeologi merupakan jenis yang menunjukkan koleksi benda prasejarah. Misalnya saja fosil dan artefak yang memiliki nilai sejarah tinggi.

2. Museum seni atau disebut juga sebagai galeri seni adalah jenis museum yang memamerkan hasil karya seni. Bisa berupa lukisan, pahatan, dan berbagai bentuk seni lainnya.

3. Museum sejarah di wisata Bali adalah jenis yang memamerkan benda bersejarah. Misalnya saja benda, patung, atau diorama yang terkait terhadap kejadian tertentu.

4. Museum militer atau museum perang menjadi sebuah tempat yang digunakan untuk memamerkan benda peninggalan perang. Tidak hanya senjata saja, tapi semua benda yang terkait perang.

5. Museum anak merupakan tempat untuk memamerkan berbagai benda yang bisa disentuh oleh anak. Tujuannya adalah untuk stimulasi atau proses belajar si kecil.

6. Museum biografi biasanya menunjukkan bermacam-macam benda mengenai tokoh terkenal. Biasanya dari mulai baju, sepatu, hingga berbagai aksesoris pelengkap.


Rekomendasi Museum Pada Paket Wisata Bali

Museum memang menjadi tempat yang menyenangkan untuk mengenalkan hal baru pada anak. Untuk Bali sendiri, tidak semua museum yang ada ramah untuk anak. Jika Anda memang sudah merencanakan liburan bersama si kecil, berikut ini adalah rekomendasi museum ramah anak di Bali:


1. Museum Lukisan Sidik Jari

Museum Lukisan Sidik Jari merupakan jenis museum seni yang cukup unik. Sebab, hampir semua lukisan di museum ini dibuat menggunakan ujung jari penulis sehingga menimbulkan sidik jarinya.

Hal ini membuat semua lukisan menjadi sangat unik dan otentik. Di sini Anda bisa mengenalkan seni melukis kepada anak. Terlebih lagi jika si kecil belum pernal melihat objek dalam lukisan tersebut.

Jadwal operasional wisata Bali satu ini adalah dari pukul 08.00 hingga 16.00. Museum ini tutup saat hari minggu, jadi jangan sampai salah jadwal.


2. Museum Bali

Museum Bali menjadi salah satu yang terbesar dan termegah. Museum ini terdiri dari puri dan pura dengan desain bangunan khas Bali. Mungkin Anda bertanya apa yang dipamerkan pada museum ini.

Sederhananya, museum ini memamerkan budaya Bali yang direpresentasikan dengan desain bangunan dan detailnya. Sehingga, pengunjung akan lebih mengenal budaya Bali setelah berkunjung ke museum ini.

Museum ini buka setiap hari mulai dari pukul 7.30 hingga 15.30 waktu setempat. Khusus untuk hari jumat, museum akan ditutup pada pukul 13.00.


3. Museum Bajra Sandhi

Museum Bajra Sandhi merupakan tempat wisata Bali yang ramah anak. Di dalam museum ini terdapat berbagai lukisan mengesankan terkait budaya Bali dari seniman legendaris.

Tidak hanya itu, ada juga diorama yang mengisahkan perjuangan Masyarakat Bali saat melawan penjajah. Bahkan, ada beberapa diorama yang mengisahkan sejarah masyarakat Bali asli.

Jadwal operasionalnya dari Senin – Jumat mulai pukul 8.00 hingga 18.00 waktu setempat. Sedangkan untuk hari Sabtu jadwalnya dari pukul 9.00 hingga 18.00 dan hari Minggu dari pukul 10.00 hingga 18.00.


4. Museum Le Mayeur

Anda dan si kecil akan dimanjakan dengan keindahan dari berbagai lukisan yang tersimpan di museum ini. Seni lukis tersebut adalah hasil karya Le Mayeur seorang pelukis legendaris di zaman dulu.

Dalam paket wisata Bali ini, Anda juga akan dimanjakan dengan detail bangunan museum yang masih sangat tradisional. Udaranya segar dan masih asri, dijamin anak akan betah dan nyaman.

Jadwal operasional Museum Le Mayeur adalah pukul 8.00 hingga 15.30 waktu setempat. Sedangkan untuk hari Jumat jadwalnya adalah 8.00 hingga 12.30 waktu setempat.


5. Museum Agung Bung Karno

Museum Agung Bung Karno merupakan jenis biografi yang menyimpan berbagai barang peninggalan mantan presiden pertama tersebut. Misalnya saja tulisannya, pidato, buku bacaan, dan masih banyak lainnya.

Museum ini buka dari hari senin hingga sabtu pukul 9.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat. Sedangkan untuk hari minggu, museum tutup.


Mengenal Manfaat Berkunjung ke Museum di Bali

Setelah memberikan rekomendasi museum di tempat wisata Bali, kali ini kami akan membahas mengenai manfaatnya. Sebab, banyak orang yang tidak menyadari bahwa berkunjung ke museum memiliki banyak manfaat.

Manfaat pertama tentunya wawasan Anda dan keluarga akan bertambah sesuai dari jenis museum yang didatangi. Terutama yang terkait dengan budaya dan sejarah.

Sebab, informasi yang disampaikan di museum dalam bentuk visual. Sehingga, otak akan mengingatnya dengan lebih baik. Hal ini berbeda saat Anda diminta untuk menghafal atau membaca.

Manfaat berikutnya adalah pengunjungnya bisa membayangkan secara visual mengenai kejadian khusus. Museum juga memberikan nuansa yang berbeda kepada pengunjungnya.

Manfaat terbesarnya untuk anak adalah menstimulasi rasa penasarannya. Selain itu, imajinasinya juga akan terpancing dengan membayangkan kejadian yang dijelaskan.

Bali menjadi destinasi favorit keluarga di Indonesia. Jika Anda merasa bosan dengan wisata itu-itu saja, maka bisa coba mengunjungi museum. Banyak museum ramah anak di pilihan paket wisata Bali.